Dipenjara karena lidah dan mendapat hadiah karenanya pula

Alkisah, seorang raja yang sangat berkuasa telah bermimpi seluruh giginya rontok maka dia memanggil salah seorang penafsir mimpi. Dia ceritakan kepadanya semua yang dia lihat dalam mimpinya itu, lalu bertanya tentang tafsirnya.

Mendengarnya, berubahlah air muka penafsir mimpi tersebut, sambil berulang-ulang mengucapkan, “A’udzu billah, a’udzu billah.”

Raja pun menjadi panik dan bertanya, “Apakah arti mimpiku itu?”

Si penafsir mimpi menjawab, “Beberapa tahun lagi, seluruh anak-istri Paduka akan meninggal dunia, sehingga Paduka akan sebatang kara di kerajaan ini.”

Serta-merta sang raja berteriak marah, mencela, dan melaknatnya, lalu memerintahkan agar penafsir mimpi tersebut dipenjara dan dicambuk.

Kemudian dia memanggil penafsir lainnya dan menceritakan mimpinya tersebut, lalu bertanya kepadanya tentang artinya, mendengar penuturan sang raja, tampaklah keceriaan di wajah penafsir mimpi yang satu ini. Dia tersenyaum riang dan berkata, “Bergembiralah, ini adalah sebuah kebaikan, sebuah kebaikan, Paduka.”

Penasaran sang raja bertanya, “Apakah arti mimpiku itu?”

“Artinya, Paduka akan berumur sangat panjang, sehingga Paduka akan menjadi orang terakhir yang meninngal dunia di antara sanak keluarga Paduka, dan Paduka akan tetap menjadi raja sepanjang usia Paduka,” terang si penafsir mimpi. Bergembirahlah sang raja mendengarnya dan langsung memerintahkan agar penafsir yang kedua ini diberi berbagai macam hadiah. Dia senang kepadanya, namun murka terhadap penafsir mimpi yang pertama!

Padahal jika anda perhatikan kedua tafsir mimpi tersebut sama persis. Hanya saja, penafsir mimpi yang pertama menyampaikan dengan cara yang buruk, sedangkan yang kedua menyampaikan dengan cara yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s